MY MENU

News

News

Judul
"Cadangan Melimpah, Pemerintah Dorong Optimalisasi Batu Bara dengan Syarat…",
Penulis
Bisnis.com
Tanggal Diciptakan
11/18/2021
Lampiran0
Views
111
Konten
Kementerian ESDM mendorong optimalisasi pemanfaatan batu bara dengan tetap memperhatikan dampak lingkungan melalui upaya penghiliran dan teknologi bersih. Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Minerba Irwandy Arif mengatakan bahwa cadangan batu bara di Indonesia cukup besar, mencapai 38,8 miliar ton. “Perlu dimanfaatkan secara optimal dengan tetap memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan melalui pengembangan industri penghiliran batu bara yang terintegrasi dengan teknologi batu bara bersih,” katanya saat webinar Aspebindo, Kamis (18/11/2021). 

Meski begitu, dia menyebut teknologi bersih seperti carbon capture and storage (CCS)/ carbon capture, utilisation and storage (CCUS) atau integrated gasification combined cycle (IGCC) saat ini masih belum ekonomis. Teknologi tersebut dinilai masih membutuhkan pengembangan dan dukungan dari pemangku kepentingan. Irwandy menyebut bahwa pemerintah pun saat ini sedang menyusun regulasi terkait teknologi tersebut. “Peraturan tersebut diharapkan nantinya dapat mendukung para stakeholder dalam mengembangkan teknologi CCUS di Indonesia, tidak hanya dari aspek teknis tetapi juga dari aspek keselamatan dan ekonomi,” katanya. 

 ASEAN coal centre of excellence for clean coal technology (ASEAN COE-CCT) yang sedang diinisiasi diharapkan dapat mempercepat implementasi teknologi batu bara bersih di Indonesia. Sementara itu, pemerintah juga tengah mendorong pengembangan penghiliran batu bara dengan sejumlah proyek gasifikasi. Dua program telah masuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Pertama, coal to methanol dikerjakan oleh PT KPC di Bengalon, Kalimantan Timur. Pengerjaan proyek tersebut dilakukan bersama Bumi Resource - Ithaca Group dan Air Product, proyek coal to dimethyl ether (DME) yang dikerjakan PT Bukit Asam, Pertamina dan Air Product di Tanjung Enim, Sumatra Selatan. Kedua proyek itu diharapkan selesai dan beroperasi mulai 2024.


Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)